Menavigasi Spektrum Influencer dalam Industri Kecantikan

Analisis peran influencer industri kecantikan di Indonesia, dengan fokus pada dampak nano-influencer dan strategi peningkatan brand awareness

Menavigasi Spektrum Influencer dalam Industri Kecantikan

Influencer Sebagai Pembentuk Opini Industri Kecantikan

Industri kecantikan di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan pesat, terutama dengan semakin banyaknya brand lokal yang meraih popularitas melalui media sosial. Platform seperti Instagram, TikTok, dan YouTube menjadi panggung utama bagi brand ini untuk memperkenalkan produk kepada khalayak luas. Brand kecantikan berlomba-lomba untuk menyediakan konten yang sesuai dengan jenis informasi yang dicari oleh konsumen, seperti pada Gambar 1 di bawah.

Gambar 1. Jenis informasi yang dicari konsumen di media sosial

Karena ulasan di media sosial merupakan salah satu informasi yang paling banyak dicari, banyak brand kecantikan yang melakukan kerjasama dengan influencer. Selain dari memberikan ulasan, influencer juga berperan dalam mengedukasi konsumen akan manfaat dan kandungan produk. Dengan demikian, influencer menjadi salah satu pembentuk opini paling efektif di industri kecantikan.

Nano-Influencer merupakan Tipe Influencer dengan Pengaruh Terbesar dalam Keputusan Pembelian

Tipe influencer yang dicari oleh brand umumnya bergantung pada nilai-nilai merek dan target audiens. Terdapat influencer nano hingga influencer mega dengan tingkat jangkauan dan engagement yang bervariasi. Namun, mayoritas dari konsumen merasa bahwa tipe yang paling mempengaruhi keputusan pembelian mereka adalah tipe nano, seperti pada Gambar 2. Hal ini dikarenakan influencer nano dipandang lebih relevan dan autentik oleh konsumen karena mampu memberikan ulasan yang jujur.

Gambar 2. Tipe influencer yang mempengaruhi keputusan pembelian

In-Segment Influencer Sebagai Alternatif yang Ampuh

Tidak terbatas pada segmen kecantikan, konsumen pun merasa influencer dari segmen yang bersinggungan dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Sebagai contoh, Gambar 3 menunjukkan bahwa konsumen merasa influencer lifestyle, travel, dan kuliner menjadi sosok yang juga menarik untuk memberikan ulasan produk kecantikan. Adanya irisan yang antara target segmen kecantikan dengan segmen lain menyebabkan in-segment influencer menjadi alternatif yang baik bagi brand.

Gambar 3. Jenis influencer yang dianggap menarik oleh konsumen

Melalui upaya yang tepat, brand kecantikan dapat menemukan kombinasi tipe dan jenis influencer yang sesuai. Influencer merupakan aset berharga bagi brand untuk dapat membentuk opini dan meningkatkan tingkat awareness konsumen.

Consumer Research
Content Marketing
COSMETICS & HYGIENE
Insights
Related Content .

Preferensi Utama Konsumen EV dalam Memilih Luxury Car

Fokus pada kualitas, personalisasi, eksklusivitas, dan pengalaman berkendara pre...

Read now

Memahami Penggunaan Perbankan Digital Bagi Gen Z dan Milenial

Temukan apa saja fitur perbankan yang disukai dan diharapkan ada oleh Gen Z dan ...

Read now

Potensi Pertumbuhan Ekonomi dan Pemasaran di Berbagai Kota Indonesia

PDRB 2022-2023 menunjukkan pertumbuhan ekonomi signifikan di kota-kota besar Ind...

Read now
 

Ready to level up with MarkPlus, Inc

Start the conversation