Menjawab dilema antara mendahulukan inovasi produk atau mencari pembeli potensial

Menjawab dilema inovasi produk atau mencari pembeli potensial, artikel ini membahas strategi pemasaran STP untuk pengembangan bisnis.

Menjawab dilema antara mendahulukan inovasi produk atau mencari pembeli potensial

Berbicara mengenai tantangan pengembangan bisnis, para entrepreneur yang merintis bisnis mereka sendiri maupun para professional yang terus didorong untuk meningkatkan kinerja perusahaan seringkali menghadapi kebingungan, apakah inovasi produk perlu dilakukan terlebih dahulu lalu memperkenalkannya kepada pelanggan, atau mempelajari minat dan kebutuhan pasar terlebih dahulu lalu mengembangkan produk sesuai permintaan pasar.

Tantangan yang terus berubah dan momentum bisnis yang hanya tersedia di periode waktu singkat seringkali mendorong para entrepreneur maupun professional untuk melakukan inovasi produk secara cepat dan segera memasarkannya sebelum “momentum” yang berharga lewat. Meskipun keputusan seperti ini bisa menghasilkan terobosan bisnis yang besar, sesungguhnya tindakan tersebut tidak sejalan dengan kaidah pemasaran dan berpotensi menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Dalam salah satu framework yang dipopulerkan oleh Marketing Guru Hermawan Kartajaya, Nine Core Elements of Marketing, strategi pemasaran secara berurutan terdiri dari Segmenting, Targeting, dan Positioning. Bagian pertama yaitu segmenting, menjelaskan bahwa perusahaan harus memiliki pemahaman terlebih dahulu mengenai berbagai jenis pelanggan yang ada di pasar, dengan keunikan minat dan preferensi masing masing segmen. Setelah itu, perusahaan perlu melakukan Targeting, yaitu memilih segmen mana yang akan menjadi prioritas utama untuk disasar. Setelah itu barulah perusahaan melakukan Positioning, yaitu memposisikan brand sesuai dengan value yang diharapkan oleh segmen yang ditarget. Setelah strategi pemasaran didefinisikan dengan jelas, barulah perusahaan dapat mengembangkan taktik pemasaran, meliputi diferensiasi, marketing mix, dan selling, dimana inovasi produk merupakan salah satu aspek didalamnya. Panduan singkat dalam mencari pembeli potensial melalui metode STP adalah sebagai berikut:

Segmenting

Segmenting adalah upaya untuk melihat pasar secara kreatif, seni mengidentifikasi dan memanfaatkan beragam peluang dengan mengkategorikan pelanggan kedalam berbagai kelompok. Tidak terbatas pada pengelopokan usia, gender, wilayah, atau kelas ekonomi, segmentasi juga dapat dilakukan secara kreatif dengan mengidentifikasi kelompok pelanggan yang memiliki kesamaan perilaku, minat, ataupun kebutuhan tertentu yang berbeda dari kelompok lainnya.

Targeting

Targeting adalah proses menempatkan dengan tepat perusahaan ke dalam segmen target market yang sudah dipilih sebelumnya. Pada tahap ini, evaluasi terhadap sumber daya yang dimiliki perlu dilakukan terlebih dahulu, sehingga segmen yang dipilih dipastikan dapat terlayani kebutuhan dan keinginannya dengan kapasitas dan kompetensi yang dimiliki perusahaan.

Positioning

Positioning adalah upaya untuk menempatkan suatu produk atau jasa di benak konsumen dalam satu posisi yang unik dan berbeda dari produk atau jasa sejenis lainnya di pasaran. Positioning dibangun di benak pelanggan yang ditarget, karena setiap segmen pelanggan akan memiliki preferensi yang berbeda. Positioning yang jelas dapat membuat brand kurang menarik bagi segmen yang tidak disasar, namun tanpa positioning yang jelas, brand tidak akan dianggap menarik oleh segmen manapun.

Berkaca pada framework tersebut, jelas terlihat bahwa pengembangan bisnis yang benar harus diawali dengan mencari target pembeli terlebih dahulu, dan tidak berinovasi tanpa arah dan tujuan yang jelas berdasarkan kapabilitas dan sumber daya yang ada saat ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa inovasi produk perlu dilakukan seefisien mungkin dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal, namun apabila inovasi produk yang dihasilkan tidak menjawab kebutuhan pasar atau tidak memberikan value yang berbeda dari kompetitor dalam aspek yang dianggap penting oleh pelanggan, biaya yang sudah dikeluarkan dapat berakhir sia sia. Salah satu cara memahami pelanggan dengan baik adalah melakukan riset pasar. Anda dapat menemukan banyak artikel bermanfaat mengenai riset pasar di laman MarkPlus Inc, yang dapat membantu Anda menjalani tahapan yang benar dalam menavigasi bisnis Anda menuju kesuksesan.

Marketing Strategy and Planning
Related Content .

Teknologi CGI Sebagai Integrator Baru dalam Branding

CGI pada billboard meningkatkan efektivitas pemasaran dengan konten yang interak...

Read now

Sinergi Manusia dan Teknologi untuk Pengalaman Pelanggan Terbaik

Peran manusia dan mesin sama pentingnya dalam menciptakan pengalaman pelanggan y...

Read now

Mengelola Fighting Brand: Memenangkan Kompetisi Tanpa Kanibalisme Bisnis

Mengupas strategi untuk bisnis yang mempunyai dua brand atau lebih di industri y...

Read now
 

Ready to level up with MarkPlus, Inc

Start the conversation